Finance

Tingkatkan Literasi Keuangan untuk Masa Depan yang Lebih Baik!

Tingkatkan literasi keuangan untuk menumbuhkan kesadaran dalam mengelola dan memberikan keputusan yang terbaik dalam perencanaan keuangan.

Apa itu Literasi Keuangan?

Sederhananya literasi keuangan merupakan pengetahuan dan kemampuan untuk membuat keputusan penting dalam keuangan.

Pada dasarnya literasi keuangan memiliki prinsip yaitu untuk memberikan pembelajaran tentang cara mendapatkan, membelanjakan, menyimpan, meminjam, dan melindungi uang.

Literasi keuangan dapat membantu seseorang untuk memahami komponen keuangan seperti perencanaan, investasi, peminjaman, pajak, dan pengelolaan keuangan pribadi. Oleh karena itu perlu untuk tingkatkan literasi keuangan agar dapat mengelola keuangan dengan baik.

Literasi Keuangan di Indonesia

Berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2022 yang dilakukan oleh OJK menunjukkan indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 49,68 persen hal ini tentunya mengalami kenaikan dari tahun 2019 yaitu hanya 38,03 persen.

Angka tersebut memang mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya, namun tingkat literasi keuangan tersebut dirasa masih tergolong rendah.

Gambaran sederhananya seperti ini, Indeks menunjukkan angka 49,68 persen dari setiap 100 jiwa penduduk hanya ada sekitar 49 jiwa penduduk yang memiliki pemahaman tentang literasi keuangan dan 51 jiwa penduduk lainnya masih belum mengenal literasi keuangan.

Peningkatan angka literasi keuangan pada tahun 2022 merupakan acuan bagi pemerintah dan masyarakat untuk tingkatkan literasi keuangan dengan mempelajari dan memahami literasi keuangan demi tercapai masyarakat yang sadar dan paham akan pentingnya literasi keuangan.

Manfaat Mempelajari Literasi Keuangan

Selain pencapaian dalam menuju masyarakat yang sadar akan literasi keuangan, terdapat manfaat literasi keuangan yang dilansir dari Corporate Financial Institute, berikut merupakan macam-macam manfaat dalam memahami literasi keuangan:

Memiliki Kemampuan untuk Membuat Keputusan Keuangan yang Lebih Baik

Dengan memiliki pengetahuan dan kemampuan yang baik dalam keuangan dapat membantu seseorang menjadi bijak dalam membuat keputusan keuangan yang lebih baik. Memahami literasi keuangan, seseorang bisa mengetahui risiko dan keuntungan yang akan dihadapi.

Pengelolaan Uang dan Kredit yang Lebih Efektif

Semakin seseorang memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai literasi keuangan maka semakin mengerti dampak penggunaan kredit dan pengelolaan uang yang efektif agar tidak berlebihan dalam pengeluaran.

Kesiapan untuk Mencapai Tujuan Keuangan

Pengelolaan keuangan yang baik merupakan bentuk kesiapan dalam mencapai tujuan keuangan yaitu berada dalam kondisi kebebasan keuangan (financial freedom).

Mengelola Pengeluaran Keuangan Lebih Baik

Pentingnya pengetahuan dan kemampuan dalam pengelolaan keuangan agar mengetahui arah atau cash flow keuangan untuk mengurangi pengeluaran yang tidak diperlukan.

Mengurangi Kecemasan Keuangan

Dengan tercapainya tujuan keuangan yang menghasilkan kebebasan keuangan (financial freedom), seseorang tidak akan merasa cemas karena alur keuangan sudah terstruktur. sehingga akan mengurangi kecemasan dalam keuangan.

Meningkatkan Kemampuan dalam Mengambil Keputusan Saat Dihadapkan dengan Komponen Jasa Keuangan

Pengetahuan dan kemampuan yang tinggi mengenai keuangan dapat membuat seseorang lebih bijaksana dan berhati-hati dalam membuat suatu keputusan yang dihadapkan pada komponen keuangan. Seseorang bisa mengetahui risiko dan langkah-langkah yang harus dijalani.

Pembuatan Anggaran Keuangan yang Terstruktur dan Efektif

Dengan pengetahuan dan kemampuan yang baik terhadap literasi keuangan dapat membuat seseorang mengetahui arah dan arus keuangan dengan lebih efektif.

Cara Tingkatkan Literasi Keuangan

Berikut cara-cara untuk menuju literasi keuangan yang lebih baik dengan melakukan pembelajaran dari keterampilan yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan, seperti:

Melakukan Pembelajaran Pengelolaan Keuangan dari Sosial Media

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mempelajari lebih banyak mengenai pengelolaan keuangan dari buku dan internet, follow akun sosial media influencer keuangan, berlangganan financial newsletter agar mendapatkan update informasi.

Bangun Rasa Komitmen dalam Diri

Komitmen merupakan hal yang penting untuk melatih literasi keuangan. Buat komitmen untuk mengenal, memahami, dan mengetahui keuangan sendiri minimal 30 menit dalam sehari.

Membuat Anggaran (Budgeting)

Buat catatan arus keuangan agar mengetahui pemasukan dan pengeluaran dan membuat anggaran yang ditujukan agar pengeluaran dapat terstruktur dengan baik berdasarkan anggaran yang sudah dibuat.

Mengikuti Seminar Mengenai Literasi Keuangan

Dengan mengikuti seminar kita dapat berdiskusi mengenai literasi keuangan dan berbagi informasi. Sudah banyak media atau bahkan lembaga keuangan milik Pemerintah yang mengadakan seminar literasi keuangan baik secara daring dan luring.

Bicarakan dengan Profesional Keuangan

Profesional keuangan dapat menjadi penasihat keuangan yang baik. Pasalnya dengan pengetahuan yang mereka miliki, para profesional dapat menjelaskan hal-hal seputar pengeluaran pribadi dan memberikan solusi atas permasalahan yang muncul.

Kurangnya literasi keuangan dapat menyebabkan masalah-masalah keuangan seperti besarnya pengeluaran yang tidak dikelola dengan baik, peminjaman kredit yang tidak terkendali yang berujung dalam penahanan aset pribadi dan masih banyak lagi.

Kemampuan untuk mengelola keuangan merupakan kemampuan yang sangat diperlukan pasalnya sektor keuangan merupakan sektor vital dalam kehidupan sehari-hari. Karenanya tingkatkan literasi keuangan agar menghindari masalah-masalah keuangan.

Literasi keuangan dapat dinilai sebagai bentuk investasi jangka panjang yang bermanfaat dalam mengelola dan menjaga kondisi keuangan untuk masa depan yang lebih baik.

Related Posts