Bisnis

7 Cara Membangun Bisnis Pengiriman Barang dari Nol

Era teknologi sangat membantu perkembangan usaha, salah satunya bisnis pengiriman barang. Popularitas belanja online menjadi berkah besar bagi jasa ekspedisi, inilah peluang usaha yang tidak boleh Anda lewatkan.

Membuka bisnis ini kelihatannya mudah tapi bukan berarti Anda bisa menyepelekannya. Tetap membutuhkan effort yang besar, apalagi jika Anda memulainya dari nol. Catat bagaimana cara Anda bisa memulainya dengan baik.

Cara Memulai Bisnis Pengiriman Barang yang Sukses

Ada beberapa hal yang sebaiknya Anda persiapkan sebelum memulai. Baik itu dari segi pengetahuan akan alur kerjanya, jaringan sampai manajemen bisnis. Saingan Anda adalah perusahaan jasa yang cukup besar, tapi bukan berarti Anda tidak berpeluang untuk sukses.

Selama Anda tekun untuk mengembangkan usaha dan menjalaninya ketika awal-awal masih sepi, maka setelah berjalan akan terasa lebih mudah. Berikut ini bagaimana cara Anda bisa memulai bisnis pengiriman barang.

Menghitung Modal yang Dibutuhkan

Semua berawal dari modal, mulai dari modal untuk lokasi, timbangan barang, surat izin mendirikan bisnis dan operasional. Tidak lupa Anda membutuhkan kendaraan baik itu motor dan juga mobil. Lebih untung lagi jika Anda tidak perlu menyewa lokasi karena posisi rumah yang strategis.

Anda bisa mendirikan usaha di rumah sendiri dan modal hanya dibutuhkan untuk membeli perlengkapan. Pastikan modal yang disediakan lebih dari cukup untuk memenuhi biaya-biaya tidak terduga.

Mencari Jaringan

Penting juga untuk mendapatkan jaringan pengiriman. Jaringan yang dimaksud adalah pengiriman barang melalui kereta api, pesawat terbang dan juga jalur darat seperti truk. Kecuali jika Anda memiliki armada truk atau mobil khusus untuk mengantar barang antar kota.

Cari tahu informasi tata cara pengiriman melalui kereta api dan juga pesawat terbang. Semua informasi ini harus jelas dan mintalah contact person orang yang bertanggung jawab. Supaya Anda tahu betul ketika ada perubahan aturan dan juga harga.

Membuat Jenis Layanan

Setiap ekspedisi selalu memiliki jenis layanan yang berbeda. Anda juga harus membuatnya yang lebih spesial. Jenis layanan yang dimaksud misalnya untuk pengiriman dokumen Anda memiliki beberapa pilihan yaitu sampai 24 jam atau lebih dari satu hari.

Begitu juga dengan pengiriman barang lainnya yang juga akan disesuaikan dengan lokasi tujuan. Fungsinya adalah untuk menentukan berapa tarif yang digunakan dan jenis maskapai yang akan Anda pakai. Penting untuk menyampaikan informasi estimasi pengiriman agar konsumen tidak bingung.

Menetapkan Biaya Pengiriman

Selanjutnya adalah biaya kirim. Anda sudah memiliki jenis layanan maka akan lebih mudah menetapkan biaya ini. Ada beberapa faktor yang menentukan biaya. Pertama adalah jauh dekat lokasi pengiriman.

Kedua adalah lama waktu pengiriman yang diinginkan. Ketiga jenis maskapai apa yang akan digunakan. Keempat apakah barang akan sampai diantar ke rumah atau diambil ke gudang oleh konsumen.

Hal-hal ini harus dibuat lebih rinci sehingga tidak ada kesalahan harga. Harga juga harus terus di update sehingga ketika bahan bakar kendaraan naik, Anda juga perlu menyesuaikannya.

Mempromosikan Usaha

Tidak sedikit masyarakat yang memulai bisnis pengiriman barang, Anda harus pandai dalam mempromosikan usaha sehingga lebih menarik. Jangan sampai kalah dengan kompetitor meskipun skala pengiriman mereka cukup besar.

Anda bisa memanfaatkan promosi secara offline dan online. Anda yang membuka bisnis di kota kecil bisa membagikan brosur atau pamflet ke warga sekitar. Sedangkan Anda yang berada di perkotaan akan lebih baik menggunakan promosi melalui online.

Akses konsumen di perkotaan melalui iklan online jauh lebih efektif. Apalagi jika Anda ingin menjelaskan promosi baru yang sedang dilakukan.

Mempersiapkan Asuransi

Tidak semua barang yang dikirimkan adalah produk yang aman sampai ke penerima. Ada barang makanan yang mudah basi, barang pecah belah dan masih banyak lagi. Demi menjaga keamanan Anda harus mempersiapkan asuransi.

Asuransi ini bisa Anda persiapkan dan jelaskan ke konsumen supaya memberikan biaya tambahan supaya barang sampai dengan aman. Semua bisnis pengiriman barang selalu menerapkan asuransi demi mendapatkan kepercayaan dari konsumen.

Memberikan Home Service

Anda mungkin sudah membuat layanan jenis pengiriman, tapi layanan yang satu ini sekarang juga sangat dibutuhkan. Mengingat banyaknya usaha online rumahan yang membutuhkan penjemputan barang. Anda harus bisa mempersiapkan armada khusus untuk mengambil barang konsumen.

Tentunya layanan ini akan dikenakan biaya tambahan namun Anda tidak perlu menetapkannya terlalu tinggi. Setidaknya sudah bisa membayar kembali uang bahan bakar kendaraan dan juga biaya pekerja. Home service ini merupakan daya tarik cukup besar agar konsumen banyak memilih bisnis Anda.

Anda bisa menggunakan armada motor atau mobil untuk melakukan penjemputan barang. Tinggal sesuaikan saja berapa banyak barang yang harus diambil dari konsumen.

Bisnis pengiriman barang peluangnya cukup besar bahkan masih dalam kurun waktu yang lama. Apalagi ketika layanan belanja online masih terus berjalan dengan baik, Anda bisa mendapat keuntungan dari bisnis ini.

Related Posts